METRIK ERGONOMI UNTUK PRODUK PERANGKAT LUNAK PERMAINAN PADA ASPEK KENYAMANAN

Arif Susanto, Daniel Oranova Siahaan

Abstract


Abstrak

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan manusia memiliki keterbatasan dalam berinteraksi dengan produk atau teknologi yang dibuatnya. Keterbatasan pada tubuh manusia menjadi alasan pentingnya aspek ergonomi perlu di implementasikan dalam desain suatu produk. Dalam bidang teknologi informasi, penelitian terkait metrik ergonomi suatu produk selama ini berfokus pada produk perangkat keras, seperti tetikus, monitor dan keyboard.

Penelitian ini membangun suatu metrik pengukuran ergonomi dari aspek kenyamanan untuk produk perangkat lunak permainan. Penelitian ini utamanya terdiri dari beberapa langkah. Pertama, analisis terhadap aspek-aspek dalam ergonomi kenyamanan. Kedua, aspek-aspek tersebut dipetakan kedalam atribut-atribut yang ada pada model kualitas perangkat lunak seperti McCall, Boehm dan ISO 9126/25010. Ketiga, penyusunan metrik ergonomi berdasarkan analisis terhadap hasil pengujian pada tahapan sebelumnya. Atribut-atribut yang dianggap relevan dijadikan acuan untuk proses pengujian terhadap perangkat lunak permainan. Perangkat lunak permainan yang telah ditentukan pakar/ahli diujikan langsung kepada pengguna mulai dari proses instalasi sampai dalam tahap memainkan perangkat lunak permainan tersebut.

Dari hasil analisa pengujian metrik ergonomi yang diusulkan, dihasilkan 11 atribut perangkat lunak permainan offline berbasis dekstop yang dapat mengkarakteristikkan apakah sebuah perangkat lunak permainan offline berbasis dekstop nyaman atau tidak.

Kata Kunci : Ergonomi, Metrik kenyamanan, ISO McCall, Boehm, 9126/2510, Atribut kualitas perangkat lunak.

 

Abstract

It is inevitable that humans have a limited ability to interact with a product or technology that is made. Limitations on the human body is the reason the importance of ergonomic aspects need to be implemented in the design of a product. In the field of information technology, research-related metric ergonomics of a product has been focused on hardware products, such as mouse, monitor and keyboard.

This study builds a metric measurement of ergonomic comfort aspect to the game software products. This study primarily consists of several steps. First, an analysis of ergonomic aspects in comfort. Second, these aspects are mapped into the attributes that exist in software quality models like McCall, Boehm and ISO 9126/25010. Third, the preparation of ergonomics metrics based on an analysis of the test results in previous stages. Attributes that are considered relevant as a reference for the testing of the game software. Game software predetermined expert / expert tested the user directly to the start of the installation process until the stage play of the game software.

From the analysis of the proposed ergonomics testing metrics, generated 11 software attributes offline games based desktop that can characterize whether a software-based desktop offline games comfortable or not.

Keywords: Ergonomics, comfort Metric, ISO McCall, Boehm, 9126/2510, software quality attributes.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/melek-it.v1i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Melek IT JOURNAL

Number of Visitor :
Statistics of Visitor



indexing by :         


MELEK IT Information Technology Journal is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License